Kelebihan dan Kekurangan Rem Cakram Serta Rem Tromol

0
Foto : TOP1 (Rem Cakram vs Rem Tromol)

              Otospeed.id – Jogja. Rem yang terpasang di kendaraan ada dua jenis yaitu Rem Cakram dan Rem Tromol, diantara keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing – masing. Tergantung kebutuhan dan skala dari motor tersebut, tentunya system pengereman sudah disetting dan dilakukan penelitian oleh pabrikan, mana yang bisa pakai rem cakram dan mana yang pakai rem tromol.

Biar tambah pintar yuk kita pelajari satu persatu kelebihan dan kekurangan rem cakram dan rem tromol. Pertama untuk Rem Cakram, rem tipe ini punya kelebihan, untuk perawatan cenderung mudah, dan memiliki daya respon yang cepat dalam hal pengereman. Waktu motor melaju kencang dan melakukan pengereman lebih kuat. Kekurangan dari Rem Cakram kampas rem yang cepat aus, memiliki sifat rem terbuka maka lebih cepat kotor, dan membutuhkan penggantian minyak rem.

Sedang Rem Tromol, memiliki kelebihan dari sisi pemakaian kampas rem yang bisa lebih panjang umurnya, daya pengereman lebih tinggi bagi motor yang lebih besar, memiliki komponen yang lebih besar, karena bersifat tertutup jadi membuat sistem rem lebih bersih. Nah untuk kekurangan Rem Tromol kurang responsive, dengan system tuas yang panjang membuat daya tahan rem memakan waktu, serta system kerja lebih rumit, dan untuk komponen saat ini sangat jarang. |Heng

Leave a Reply