MotoGP 2022 Thailand : Marc Marquez Tercepat di FP1, Johann Zarco Tercepat di FP2, Fabio Quartararo 10 Besar

0
Johann Zarco tercepat di FP2, Buriram, Thailand

                     Otospeed.id – Buriram, Thailand. Speed Lovers MotoGP, hari pertama Kejuaraan MotoGP putaran 17 di sirkuit Chang International Circuit, Buriram- Thailand , menyelesaikan sesi latihan bebas pertama (FP1) dengan hasil mantan Juara dunia MotoGP Marc Marquez tercepat dengan torehan waktu 01: 30.5230 detik.

Posisi kedua FP1 ditempati Fabio Quartararo juara dunia MotoGP2021 yang mencatat 0,032 detik lebih lambat, yakni 01:30.5550 detik. Selisih waktu yang kurang dari sepersepuluh detik tersebut, menandakan bahwa kompetisi sangat ketat meski masih di sesi latihan bebas.

                       Marc Marquez tercepat di FP1

Sedangkan hasil sesi latihan bebas kedua (FP2) di hari pertama, kembali secara mengejutkan squad pabrikan Bologna, Itali menguasai tiga besar, mereka adalah Johann Zarco (Prima Pramac Racing) mencatat 1:30.281 detik,  Pecco Bagnaia (Lenovo Ducati Team) 01:30.299 detik dan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) 01:30.471 detik. Dan kali ini kubu tim Prima Pramac Racing boleh berbangga, karena pebalap andalannya dua-duanya mencatat waktu tercepat di sirkuit Chang, Thailand.

Fabio Quartararo masuk 10 Besar

Sang juara  bertahan Fabio Quartararo (Monster Energy Yamaha MotoGP ) berada di 10 besar saat ini tetapi Enea Bastianini (Gresini Racing MotoGP ) dan Aleix Espargaro (Aprilia Racing) keduanya ditetapkan untuk masuk ke sesi kualifikasi pertama (Q1) jika prakiraan hujan lebat terus berlanjut.

Melanjutkan sesi latihan bebas ketiga (FP3), semua tim memprediksikan cuaca setempat apakah bakal menguntungkan, ini karena berhubungan dengan settingan motor dan penetapan profil ban yang bakalan dipakai. Jika lintasannya baik dan benar-benar kering seperti hari pertama (Jumat 30/9).

Hal itu memberikan kesempatan kepada para pebalap untuk meningkatkan kecepatan balapan mereka dengan maksimal. Namun jika cuaca hujan, maka ditetapkan wet race akankah Marc Marquez kembali tercepat seperti di GP Jepang kemarin.

Dalam settingan ban ditrek Buriram, Jorge Martin pertama yang menetapkan  profil ban medium untuk roda depan dan ban soft untuk roda belakang. Hasilnya sangat cepat di 1:30.471 detik tersebut. Pecco Bagnaia tak mau kecolongan, lantas ia ikutan merubah settingan ban yang dipakai dengan profl sama dengan Martin, giliran Zarco yang naik dari urutan kedelapan ke urutan pertama dengan catatan  1:30.281 detik tersebut, juga dengan kombinasi medium-soft tetapi dengan karet bekas di roda depan.

Hasil FP2 GP Thailand 2022

Pemenang GP Jepang Jack Miller (Ducati Lenovo Team) adalah yang tercepat keenam secara keseluruhan. Dia frustrasi dengan dirinya sendiri karena melakukan kesalahan saat berada di bawah Tetsuta Nagashima (LCR Honda Idemitsu) di menit-menit akhir, tetapi upayanya di FP1 cukup bagus untuk sementara berhak nanti di sesi kualifikasi2 (Q2). Sementara Luca Marini (VR46) menempati urutan ketujuh pada waktu gabungan, di depan Miguel Oliveira (Red Bull KTM Factory Racing), Rins, dan Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha MotoGP).  |Me,MotoGP

Leave a Reply