FIA – WRC 2023 Monte Carlo : Sebastien Ogier Tandai Kemenangan Ke-9 di Monte Carlo

0
Sebastien Ogier dan Vincent Landais Podium Teratas di Monte Carlo

                Otospeed.id – Monte Carlo, Monaco.   Tuntas sudah Speed Lovers perjalanan panjang 18 special stage yang bergulir di trek 325,02 km dari empat etape yang dijadwalkan. Dengan menobatkan  Sébastien Ogier (Toyota Gazoo Racing WRT) sebagai pemenang tercepatnya. Pereli asal Prancis tersebut, sekaligus menandai kemenangan kesembilan di Rallye Monte-Carlo putaran ke-91, kejuaraan Reli dunia (FIA-WRC 2023) di Monaco , Minggu (22/1).

                    Jarri Mati Latvala , Vincent Landais dan Sebastien Ogier

Dalam rencana semula, memang Sébastien Ogier  berjanji bakal memenangi balapan ini untuk ke-9 kalinya, semenjak etape awal dimana ia sukses mengalahkan rekan setimnya Kalle Rovanperä. Dan hingga etape 4 terakhir, ia juga memberi jarak waktu 18,8 detik terhadap rekan se timnya.

Disadari bahwa kemenangan Sembilan kali di Monte Carlo tersebut, dilakoni sepanjang karier balapnya selama tiga dekade dengan menggunakan lima merk pabrikan berbeda. Dan terakhir kali pasangan Sébastien Ogier  dengan Vincent Landais yang keduanya berwarga negara Prancis memenangi kejuaraan paling bergengsi di dunia. “ Ini luar biasa, Saya suka reli ini dan memberi saya mimpi sukses bersama Vincent. baginya meraih kemenangan ini adalah impian pertamanya di WRC Monte Carlo yang tidak ternilai “ Kata Sébastien Ogier  dikutip WRC.

                           Hasil Keseluruhan WRC Monte Carlo

Sedangkan pereli Runner up Kalle Rovanperä, yang sempat crash di SS-5 tersebut sebenarnya tercepat dengan catatan 10 Menit 5 detik di sesi Power Stage (SS-18 Terakhir), mengungguli Ott Tänak (M-Sport Ford) hanya 0,6 detik saja.  Selisih sangat tipis tersebut, memang telah direncanakan pereli Ott Tänak yang menggunakan ban kompon lunaknya dalam persiapan Power Stage (SS-18 terakhir) yang yang mengharapkan bakal mendapat poin bonus.  “Ini musim yang panjang, masih banyak putaran selanjutnya, persaingan sangat berat. tapi ini adalah awal yang positif,  Setidaknya kami telah mencetak beberapa poin – tidak seperti tiga tahun sebelumnya “ Ucap Ott Tänak.

                              Standing Poin Pereli WRC

Putaran selanjutnya bakal beralih ke Skandinavia bulan depan untuk satu-satunya putaran musim dingin murni musim ini. Reli Swedia berlangsung di Umeå pada 9 – 12 Februari.  |Me,WRC,Honza

 

Leave a Reply