Lima Cara Merawat Rem Cakram Supaya Awet

               Otospeed.id – Jogja. Jika kita mengalami gejala yang aneh pada rem motor kita, harus kita curigai ada apa gerangan, masalah sekecil apapun kalau sudah berurusan dengan rem sekali lagi wajib segera lakukan pengecekan segera.

Sebagaimana yang kita ketahui bersama fungsi rem adalah untuk mengurangi atau menghentikan laju kendaraan, yang jelas sangat vital. Rem terbagi menjadi dua ada tromol dan rem cakram, bagian – bagian rem cakram lebih banyak dibandingkan rem tromol.

Baca Juga : https://otospeed.id/3-cara-merawat-v-belt-motor-skutik-agar-tetap-awet/

Apalagi saat ini masih dalam kondisi PPKM yang mana motor jarang keluar, nah berikut ini bagian yang wajib diperhatikan untuk selalu rutin dicheck, apalagi jika kita punya mobilitas yang sering.

Baca Juga : https://otospeed.id/sistem-kerja-rem-cakram-motor/

Pertama, bagian Master Rem jika saat ditekan tuasnya terasa keras apalagi ditambah tidak pakem tentu akan menyebabkan tangan kita menjadi pegal. Kedua bagian Kaliper ini posisinya berada dibawah dan dekat roda yang mengkibatkan kondisinya cepat kotor.

Bagian ketiga ini jarang kita lihat yaitu Kampas rem terutama tigkat ketebalan kampas rem, jika alur pada kampas rem sudah hilang atau sudah rata maka segeralah diganti. Keempat Minyak Rem, bagian ini berfungsi sebagai penekan piston di kaliper dan perlu diganti setiap 2 tahun lho. |OS