Otospeed.id – Jakarta. Kedua oil ini jangan sampai diabaikan, oli mesin dan oli gardan yang punya fungsi untuk menyalurkan tenaga ke roda, dan biasanya kita melupakan yang kita ingat hanya mengganti oli mesin saja.
Padahal wajib kita perhatikan juga, jika sampai terlambat efectnya dapat mengganggu system penyaluran daya dari mesin ke roda. Pasalnya, roda gigi bisa cepat aus apabila olinya sudah tidak melumasi dengan baik. Coba banyangkan jika kita melaju kencang tiba – tiba roda berhenti berputar karena gardan tidak berfungsi.
Nah supaya kita semakin sayang dengan mobil kita, TOP1 sudah menyiapkan jenis oli transmisi dan oli gardan. Umumnya penggantian oli transmisi manual bersamaan dengan penggantian oli gardan. Jika tidak ingin ada masalah serius, cukup rutin mengganti oli transmisi dan oli gardan setiap 10.000 km.
Untuk mobil MPV, sedan dan city car kecil disarankan menggunakan oli multigrade dengan spesifikasi 80W-90. Oli TOP1 menyediakan oli jenis ini yaitu TOP 1 Synthetic Gear Oil SAE 80W-90 API GL-5. Oli ini dapat digunakan baik penggerak roda depan, belakang ataupun 4WD.
Kendaraan yang sudah dilengkapi dengan fitur LSD (Limited Slip Differential) disarankan menggunakan oli gardan dengan spesifikasi khusus untuk tipe LSD. Gunakanlah TOP 1 GEAR OIL LSD SAE 75W-90 yang telah terbukti cocok. Cara mengeceknya bisa dengan melakukan dongkrak dua roda belakang, coba putar salah satu roda, kalau roda satunya juga ikut berputar berarti gardannya dilengkapi LSD.
Mengetahui tipe oli transmisi dan gardan yang sesuai dengan spesifikasinya dapat dicek di buku manual, perhatikan penggantian secara rutin agar usia roda gigi transmisi dan gardan bisa lebih awet. |OS, Foto:TOP1